You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Campakamulya

Kec. Cimaung, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

MENGULAS SEJARAH : 09 AGUSTUS 1945


MENGULAS SEJARAH : 09 AGUSTUS 1945

campakamulya.desa.id - Baraya campakamulya bulan Agustus merupakan bulan yang sangat penuh dengan sejarah terutama bagi Indonesia. Menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terdapat peristiwa - peristiwa yang harus baraya tau, diantaranya yakni pengeboman di nagasaki dan hiroshima.

Pada 09 Agustus 1945 , terjadi pengeboman di Nagasaki, Jepang. Bom yang dikenal dengan nama 'Fat man'  ini jatuh di Nagasaki dan membunuh ribuan orang. Bom atom ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tanggal 06 Agustus 1945 Jepang pun menerima hantaman bom atom di Hiroshima yang dikenal dengan bom 'little boy'. Dua pengeboman yang dilakukan oleh Amerika Serikat ini menewaskan kurang lebih 129.000 jiwa ini merupakan penggunaan senjata nuklir untuk pertama dan terkahir kalinya dalam sejarah.

Lalu kenapa sekutu menjatuhkan bom di Nagasaki dan Hiroshima?. Menurut penelitian mimin dari beberapa sumber hal ini dikarenakan Nagasaki dan Hiroshima merupakan pusat Industri di Jepang.

Sementara, pada saat Nagasaki dibom atom, pada 9 Agustus 1945 dua tokoh pergerakan Indonesia yakni Soekarno dan Muhammad Hatta bersama mantan Ketua BPUPKI Radjiman Wedyodiningrat sedang melakukan perjalanan rahasia ke Dalat, Saigon, Vietnam. Mereka akan menemui Panglima Angkatan Darat Jepang wilayah Asia Tenggara, Jenderal Terauchi.

Pada pertemuan ini, dibahas tentang dukungan Jepang terhadap keinginan bangsa Indonesia untuk merdeka. Pada saat itu Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus 1945.

Sumber : wikipedia.org, liputan6.com.

photo : google.com

 

Bagikan artikel ini:
Komentar