You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Campakamulya

Kec. Cimaung, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Tagana Masuk Sekolah


Tagana Masuk Sekolah

Campakamulya – Tagana merupakan salah satu kegiatan yang digagas oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Tagana atau taruna siaga bencana adalah relawan sosial atau tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Pada hari ini Jumat 24 September 2021 tim Tagana dari Kecamatan Cimaung dan Tagana dari Kabupaten Bandung melakukan kegiatan Tagana Masuk Sekolah. Pada kesempatan kali ini Tagana Kecamatan Cimaung bekerjasama dengan pihak Pemerintahan Desa Campakamulya untuk melakukan sosialisasi terkait siaga bencana di SDN Siliwangi.

Meski dalam masa pandemi, sosialisi terkait siaga bencana sangatlah dibutuhkan, apalagi oleh para siswa sekolah dasar yang belum memahami tentang siaga bencana. Selain itu sosialisasi ini dilakukan mengingat wilayah Desa Campakamulya merupakan salah satu desa rawan bencana, terutama bencana longsor dan banjir bandang. Hal itu disebabkan karena Desa Campakamulya terutama terletak di kaki Gunung Puntang.

Kepala Desa Campakamula, Haris berharap dengan adanya penyuluhan ini, seluruh siswa sekolah dasar dapat memahami tentang tata cara siaga bencana, sehingga dapat mengurangi korban jika terjadi bencana. Selain itu bencana yang terjadi karena adanya kesalahan manusia seperti kebakaran dapat dihindari oleh semua pihak. Sebagai salah satu contoh untuk menanggulai bencana, sosialisasi siaga bencana ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, sehingga dapat menekan angka penyebaran virus corona.

Bagikan artikel ini:
Komentar